728 x 15

Disqus for Ulfantabulous

Pengalaman Ikut Rekrutmen ODP IT BTN Angkatan 36

AUTO
300 x 250
Halo, semua! *waves enthusiastically*
Pada postingan saya yang pertama kali ini (setelah ganti alamat dan, ehem, image), saya mau bagi-bagi sedikit pengalaman saya dalam mengikuti rekrutmen ODP IT di sebuah bank BUMN ternama di Indonesia (ciailah) :D
Tujuan saya sharing ini cuma sebagai tambahan informasi dan bahan bacaan aja kok untuk peserta rekrutmen yang selanjutnya :D Kebetulan juga saya belum pernah lihat ada yang sharing rekrutmen ODP IT-nya :D


Waktu itu saya lihat pembukaannya di www.situskerja.com. Kemudian saya daftar langsung di website-nya BTN setelah tau ODP IT juga dibuka (secara saya lulusan IT, jadi biar ga terlalu nyasar lah seengganya hehe). Saya lupa itu tepatnya tanggal berapa, dan waktu itu saya juga ikut daftar untuk tempat-tempat lain, hehe. Waktu di-sms pemberitahuan kalau saya lolos seleksi ke tahap selanjutnya, saya malah lupa, "Lah, emangnya gw daftar di sini ya?" Hehehe. Maklum, kepengen masuk BUMN, makanya tiap ada yang buka dan memenuhi kriteria pasti langsung cuss daftar.

Untuk lebih jelasnya, berikut kronologi rekrutmen dari awal sampai akhir:

1. Registrasi Online (16 - 28 Februari 2015)
Ga banyak yang saya ingat dari tahap ini, karena waktu itu setelah liat pengumuman ada lowongan ODP IT di BTN saya langsung daftar, tapi habis itu lupa karena daftar di tempat lain juga :P Daftarnya online melalui website BTN.

2. Seleksi Administrasi & Interview Awal (Kamis, 5 Maret 2015)
Jumlah peserta lolos: ODP Umum 1170, ODP IT 401
Lokasi: Pusdiklat Bank BTN di Tanah Abang
Peserta yang lolos ke tahap ini wajib membawa Foto, CV, Lamaran, Ijazah, dan Transkrip Nilai dalam bentuk soft copy di dalam CD, lalu dibawa ke Pusdiklat BTN. Di sini kami di-interview singkat mengenai tempat tinggal, kuliah, pekerjaan, dsb. Macem-macem lah, tergantung interviewer-nya. Waktu itu saya ga sampe 5 menit. Pengumumannya keluar malemnya, sekitar jam 9-an. Untuk yang lolos, besoknya akan langsung tes untuk tahap selanjutnya.
Karena saya sudah bekerja di tempat lain, untuk tahap ini saya izin sama atasan saya sampai zuhur. Belum mau ambil cuti karena yang saya tahu tahap ini cuma sebentar. Ternyata, saya itu beruntung dapet wawancara pagi (kebetulan ODP IT dapat giliran jam 8 pagi, pake ngaret pastinya hehe). Untuk ODP Umum itu di jadwal mulai jam 10 pagi, tapi kan masih ketahan sama yang ODP IT. Ya udah, lama deh, dan malah ada yang sampe sore banget. Fuh, untung aja.

3. Tes Kompetensi Teknis (Jumat, 6 Maret 2015)
Jumlah peserta lolos: ODP Umum 383, ODP IT 114
Lokasi: Menara Bank BTN di Harmoni
Banyak sekali peserta yang di-cut untuk sampai tahap ini. Kriterianya saya tidak tahu :) Tes yang diujikan untuk ODP Umum berbeda dengan yang ODP IT. ODP Umum setahu saya mengenai perbankan sih, sedangkan untuk ODP IT lebih ke arah bahasa pemrograman. Kalo ga salah ada bahasa VB.net-nya. Sisanya mengenai sedikit dari sejarah, visi misi, dan produk BTN yang bisa kalian baca di website-nya. Pokoknya jangan lupa dibaca! Hafalin juga logo-logo BTN :))
ODP IT tes-nya alhamdulillah mulai jam 1 siang, jadi ga keburu-buru lah berangkatnya. Pengumumannya kan malem, jadi kalo besok paginya langsung tes tuh gimanaa gitu :P Saya terpaksa cuti hari ini, supaya lebih konsen belajar, hehe. Setelah tes, saya cuma bisa pasrah :') Banyak banget yang ga tau... Saya memang lemah di bahasa pemrograman, ditambah materi-materinya memang tidak pernah saya pelajari sebelumnya. Ngerjainnya cuma pake feeling dan bahasa kalbu :))

4. Tes Psikologi & FGD (Senin, 16 Maret 2015)
Jumlah peserta lolos: ODP Umum 179, ODP IT 38
Lokasi: LPPI di Kemang
Di tahap ini segala macem tes psikologi diujikan. Lengkap, dah :)) Saya lupa ada apa aja, pokoknya termasuk tes Kraepelin, tes Wartegg, tes gambar pohon, dan tes gambar orang, sama seperti ODP Umum. Lalu siangnya setelah zuhur ada FGD khusus untuk peserta ODP IT. Lumayaan dapet nasi kotak :D Untuk peserta ODP Umum FGD dilakukan besoknya, mungkin karena jumlah pesertanya lebih banyak jadi ga bisa sekalian hari itu juga. Setelah FGD, dilanjutkan dengan interview satu per satu dengan pengawas FGD. Cukup memakan waktu, sekitar 20-30 menit untuk 1 peserta.
Alhamdulillah saya lolos TKT dan masuk di antara 38 orang yang lolos. Ga nyangka! Padahal saya udah pasrah banget, ga berharap lolos. Jalan saya dimudahkan banget sama Allah :'D Untuk tes psikologi, alhamdulillah saya bisa dan yakin ngerjainnya walaupun otak udah mumet dan tangan pegel banget ngerjain Kraepelin :D Untuk FGD, kelompok saya terdiri dari 5 orang yang dipilih berdasarkan urutan absen. Ternyata FGD di sini tidak semenegangkan yang saya kira karena sebelumnya saya belum pernah FGD. Peserta-pesertanya cukup asik dan tidak ada yang berusaha saling menjatuhkan. Pengawasnya ramah dan materinya tidak terlalu sulit, yaitu tentang skala prioritas menyelamatkan hanya 3 dari beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda. Dari 5 orang dalam kelompok saya, hanya 1 yang tidak lolos ke tahap selanjutnya.

5. TPA & TOEFL (Sabtu, 4 April 2015)
Jumlah peserta lolos: ODP Umum 151, ODP IT 31
Lokasi: LPPI di Kemang
Hanya sedikit peserta yang tidak lolos ke tahap ini. Tes TPA dilakukan dari pagi sampai kira-kira zuhur, lalu tes TOEFL dilakukan setelah ISOMA. Dapet nasi kotak lagi :D Tes TPA-nya menggunakan standar BAPPENAS. Banyak kok soal latihannya di internet :) Tes TOEFL juga sama seperti tes-tes TOEFL lainnya. Tips dari saya dalam mengerjakan TPA, usahain isi SEMUANYA. Walaupun ga tau, cap cip cup aja. Saya cuma ngerjain mungkin ga sampe 20 soal untuk Tes Numerik, tapi di 30 menit terakhir saya sibuk ngurek-ngurek jawaban dengan asal :P Yang penting keisi! Kemungkinan jawaban kalian benar itu 20% untuk 1 soal, jadi lumayan banget lah. Daripada ngitung untuk 1 soal, kelamaan. Nah untuk jenis tes lain (Verbal, Logika, Spasial) saya usahain mikir dulu, pas udah mentok baru isi asal lagi. Mumet juga setelah ngerjain TPA ini, hahaha.
Oh iya, alhamdulillah tesnya hari Sabtu. Saya ga mesti cuti, hehehe.

6. Tes Kesehatan (Sabtu, 25 April 2015)
Jumlah peserta lolos: ODP Umum 47, ODP IT 10
Lokasi: Sahid Sahirman Medical Centre, Istana Sahid Apartment, Jakarta Pusat
Kurang lebih hanya sepertiga yang lolos ke tahap ini. Sadis juga ya :/ Tesnya dilakukan dari pagi sampai selesai, sampai pesertanya habis. Karena waktu itu tesnya barengan sama Mandiri, jadinya rame banget huft :/ Tes-tes yang diujikan itu tes darah, tes urin, tes jantung, tes buta warna, ukur tinggi & berat badan, rontgen, dan konsultasi dokter. Semuanya acak, jadi silahkan pilih duluan yang mana yang ga terlalu rame. Ada beberapa peserta yang bisa bebas milih urutan, tapi ada juga yang harus tes darah dulu :( Entahlah kenapa bisa kayak gini. Saya termasuk yang diharuskan tes darah dulu, padahal konsul dokternya lagi kosong. Ga kompak nih staff-nya. Tips untuk tes ini, beberapa hari sebelumnya jangan minum obat/vitamin, jangan merokok, dan minum air putih yang banyak. Kita diwajibkan puasa dari malam sebelumnya.

7. Presentasi di Depan Direksi (18-19 Juni 2015)
Jumlah peserta lolos: ODP Umum 41, ODP IT 10
Lokasi: Menara Bank BTN di Harmoni
Menunggu pengumuman lolos tes kesehatan itu adalah masa-masa bikin galau. Mei ga ada pengumuman sama sekali. Pengumuman baru muncul tanggal 5 Juni. Aaaak alhamdulillah lolos! What took you so long? :'D Setau saya setelah baca-baca Kaskus, ada 1 peserta yang ga lolos gara-gara buta warna parsial. Padahal udah sejauh ini :(
Tahap-tahap selanjutnya setelah tes kesehatan adalah interview user dan interview direksi (dari rekrutmen-rekrutmen sebelumnya yang hanya interview direksi). Maka, "rencananya", tahap selanjutnya adalah interview user. Kami diwajibkan datang tanggal 10 Juni untuk interview user (ambil cuti lagii). Ternyata, hari itu kami hanya briefing dan penyerahan form jati diri, karena tahap selanjutnya diganti menjadi presentasi di hadapan kepala divisi (cmiiw) dan interview. Aaaaaak :') Kami semua dikumpulkan dalam 1 kelas dan diberi materi-materi yang harus dipresentasikan. Untuk ODP Umum mengenai produk-produk BTN, dan untuk ODP IT mengenai inovasi IT untuk BTN. Presentasi dibagi jadi 2 hari, yaitu 18-19 Juni. Peserta ODP IT dapat hari kedua, bersama dengan sebagian peserta ODP Umum lainnya. Presentasi dilakukan di depan 2 kepala divisi. Presentasinya sendiri-sendiri, tapi 1 ruangan itu selain ada 2 kepala divisi juga akan ada 4 peserta lain yang nonton dan bertanya mengenai materi presentasi kalian. Satu peserta dapat waktu 15 menit, yaitu 10 menit menjelaskan materi dan 5 menit tanya jawab. Saya kurang pede sebenernya, karena materi saya kalah bagus dibandingkan peserta lain. Tapi yasudahlah, show must go on :D
Setelah kelimanya selesai presentasi, kemudian dilanjutkan dengan interview secara mendalam oleh kedua kepala divisi tersebut kepada masing-masing peserta. Lama interview-nya per peserta sekitar 40-45 menit kalo ga salah. Oh ya, peserta ODP Umum yang lolos ke tahap presentasi ini tidak semuanya datang. Kalo saya ga salah hitung, ada 4 orang ga datang briefing dan ada 1 orang yang ga datang presentasi. Mungkin sudah dapat pekerjaan lain. Jadi, peserta ODP Umum yang ikut tahap presentasi ada 36 orang. Tapi yang ODP IT lengkap terus dari tes kesehatan sampai tahap akhir :D

8. Pengumuman Akhir (Senin, 13 Juli 2015)
Jumlah peserta lolos: ODP Umum 26, ODP IT 10
Masa-masa menunggu pengumuman ini adalah masa-masa paaaliiing gaalaaaauuu :') Lebih bikin galau dari nunggu hasil tes kesehatan! Saya kira pengumuman akan keluar kira-kira seminggu setelah presentasi... Alhamdulillah ya Allah, saya lolos :'D Lebaran bisa tenaaang. Tapi, ada 10 peserta ODP Umum yang tidak lolos, dan mereka diundang untuk penawaran alih status posisi. Untuk ODP IT, kami ber-10 semua lolos :')
Saat ini saya dan kawan-kawan sedang menunggu pengumuman lebih lanjut untuk pengarahan akhir, karena memang belum diumumkan dan mungkin karena kepotong Lebaran.

Insya Allah saya akan sharing lagi mengenai pengalaman saya lebih lanjut di BTN :D Thanks for reading!
336 x 280

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Pengalaman Ikut Rekrutmen ODP IT BTN Angkatan 36"

  1. Terima kasih atas informasinya sangat membantu sekali.
    Saya mau tanya beberapa hal tentang odp btn, bisa hubungi ke mana ya Mbak?
    Thanks

    ReplyDelete
  2. @Andhika Pradhana
    Hi, Andhika! Maaf ya saya baru sempat balas, hehe. Tanya aja langsung di sini :D Kalau mau tanya yg lebih private, tolong kasih email-nya aja yaa. Thanks!

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. wah informasi yg bagus. saya juga mau inforgmasinya. saya mau menjalani tes tpa besok. klo mau tanya2 bisa gak mbak ? hehe

    ReplyDelete
  7. Terimakasih banyak infonya sangat membantu. Sukses slalu. JLOU

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Asvin Aviata, aku juga pengen daftar ke BTN, mau tanya pas daftar ke BTN kan disuruh download formulirnya abstu dibawa ke BTN, itu cuma naruh berkas aja apa gimana prosesnya?

    ReplyDelete
  10. Terima kasih infonya sangat membantu. Saya besok presentasi direksi, saya deg-degan nih

    ReplyDelete
  11. Terima kasih infonya sangat membantu. Saya besok presentasi direksi, saya deg-degan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba lydia boleh nanya ga untuk intrv direksi itu apa saja ya yang ditanyakan?terima kasih mba

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih banyak ya mba untuk infonya,saya mau bertanya beberapa hal tentang seleksi bank btn,bisa hubungi kemana ya mba?
    Terima kasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry Mas Haekal, kebetulan blog saya ini sudah di-hacked oleh manusia kurang ajar, jadi saya ga bisa kasih info apa-apa di sini lagi yaa.
      Saya lagi usahakan untuk menutup blog ini. Info-info lain bisa Mas dapet di forum luar seperti contohnya Kaskus. Good luck! :)

      Delete
  14. Pagi mbak
    Sayabmau nanya ketika interview akhir n prsentasi harus memakai bhasa inggris ya

    ReplyDelete
  15. Ini email saya mbak agus.setiawan1803@gmail.com ,,ad yg mau sy tanyakan

    ReplyDelete

300 X 250
728 X 90