728 x 15

Disqus for Ulfantabulous

Pengalaman Ikut Kesamaptaan (untuk ODP BTN Angkatan 36) di Rindam Jaya, Condet

AUTO
300 x 250
Halo, semua!
Udah beberapa bulan yah sejak saya nge-post di sini. Hehe, maklumlah sejak mulai pendidikan saya kurang sempat ngutik-ngutik pake laptop lagi. Giliran dipake, pasti buat bikin resume :')
Oke! Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman saya ikut pembinaan fisik dan mental di Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur.



Kegiatan ini merupakan rangkaian pertama dalam pendidikan ODP BTN. Durasinya 2 minggu, yaitu 1-14 September 2015. Jadi kami seangkatan (Umum 35 orang, IT 9 orang) dikumpulin di LPPI tanggal 30 Agustus 2015. Di sana kami cuma pengarahan dan nginep aja untuk persiapan kegiatan besok. Harusnya tanda tangan kontrak saat itu, tapi karena suatu hal akhirnya kami tanda tangan setelah selesai kesamaptaan.
Tanggal 1 September sekitar jam 7:30 pagi kami dikumpulin lalu naik tronton TNI menuju Rindam Jaya. Sampai di sana, kami disuruh baris, dikasih perlengkapan PDL, lalu upacara pembukaan. Perlengkapannya ada 2 kaos lengan panjang (merah dan hijau tua), 2 celana panjang, 2 pasang kaos kaki hitam, sepasang boots TNI, sepasang karet hitam (untuk melipat ujung celana), 1 topi, 1 kopel (ikat pinggang), 1 peples (tempat minum), dan 1 map plastik hijau beserta kertas-kertas HVS kosong, buku tulis sama pulpen. Sialnya angkatan saya dapet boots yang bukan resleting, jadi butuh perjuangan banget buat masang talinya hahaha. Cara ikat boots-nya diajarin dan harus seragam semuanya. Pakaian harus cuci sendiri, ga kayak angkatan-angkatan sebelumnya yang bisa laundry. Tapi kami cuma dapet kaos, sedangkan yang dulu dapetnya baju hijau tua yang tebel kayak hansip gitu. Mungkin karena itu nyucinya lebih gampang kali ya. Condet panas banget bro, jadi jangan khawatir cucian kalian ga kering. Sebelum zuhur aja udah kering kok. Kaos diganti tiap 2 hari sekali. Jadinya 2 hari pertama pake merah, 2 hari berikutnya pake hijau tua, lalu lanjut terus sampai kegiatan selesai. Paling males itu di hari yang genap, karena kaosnya udah asem kena keringet di hari yang ganjil :3 Boots kami harus selalu bersih dan mengkilap karena disemir. Jadi tiap malam kerjaan saya ya nyemir boots ;) Dikasih kok alat-alatnya.
Di sini kita ga boleh panggil para pelatih dengan sebutan "Pak", tapi harus "Pelatih". Kami sering banget keceplosan panggil "Pak" di hari-hari pertama, tapi lama-lama jadi terbiasa sih. Yah tapi ada juga yang masing sering keceplosan, termasuk saya :D
Kegiatan yang kami lakukan di sini antara lain apel pagi, PBB (baris berbaris), in class (dapet materi dalam kelas), BDM (Bela Diri Militer), TWB (Team Work Building), dan pembinaan malam (lupa namanyaa) yang ditutup oleh apel malam. Kami diwajibkan bangun paling telat jam 4 pagi untuk siap-siap, jalan ke masjid jam 4:30 untuk salat subuh, terus senam sebentar, terus sarapan, terus kegiatan bersih-bersih (sesuai pembagian tugasnya, ada yang bersihin barak, kelas, dan lapangan) sampai sekitar jam 6:30, baru deh mulai PBB. Begituuuu terus tiap hari :D Setelah PBB, kami dikumpulin dalam kelas untuk dapat materi. Nah di sini banyak yang tiduuuur, hahaha. Tergantung gumil (guru militer)-nya sih, ada yang maklumin, ada juga yang suka ngagetin biar pada bangun haha. Oh ya, tiap jam 10 atau sekitar jam segitu saya lupa, kami dapet extra fooding~ Enak-enak lho, ada risol, pie susu, pastel, kue lumpur, dll.
Menjelang zuhur, kami baris lagi untuk menuju masjid. Langkahnya harus sama dan sambil nyanyi. Lagu-lagu-nya diajarin kok. Lumayan banyak sih, tapi favorit angkatan saya itu Long March, karena yang paling gampang, hahaha. Oh ya, buat yang non muslim disuruh tunggu di podium atau kelas sampai waktu salat selesai. Buat saya, waktunya salat zuhur dan ashar itu salah satu yang paling menyiksa. Siang-siang di Condet itu puanasnyaaa minta ampun. Aspal pun jadi panas banget. Kami, sama seperti siswa-siswa calon tentara lainnya di Rindam, harus buka sepatu di luar masjid. Sepatunya disusun rapi sesuai barisan di lapangan rumput, lalu kami mesti telanjang kaki jalan ke masjid. Jalannya sih deket, tapi kami harus muter ke pintu yang agak jauh karena ga dibolehin masuk pintu depan. Astagaaaaa itu aspal panas banget kakaaaa :') Saya sampe lompat-lompat sambil lari sampe ke tempat wudhu-nya. Hari pertama saya nangis karena shock telapak kaki saya perih banget :') Ashar juga masih panas aspalnya, tapi agak mendingan karena ada bagian-bagian yang teduh kena pohon yang bisa saya injek. Kami begitu terus sampai 11 hari ke depan.
Setelah salat zuhur, kami jalan ke tempat makan untuk makan siang. Oh ya saya belum cerita, makan di sana itu ada aturannya. Ada ritual duduk siap, lepas topi, berdoa, lalu setelah perintah "Istirahat di tempat, gerak!" kami harus serukan "Selamat makan!" kalo mulai makan dan "Terima kasih!" kalo selesai makan. Makannya ga boleh berisik, harus cepet, dan harus habis. Saya kadang habis kadang ga habis sih tergantung lauknya haha.
Hari-hari pertama berat banget bro rasanya. Belom apa-apa udah kangen rumah, padahal rumah saya juga di Condet :P Tapi lama kelamaan mulai kebiasa kok. Pelatihnya makin baik dan ga seketat di awal, ya walaupun tetep hobi ngasih hukuman push up sih :D Saya benci banget kalo udah disuruh push-up/sit-up! Bukan apa-apa, tapi kaosnya kan jadi kotor! Apalagi kalo push-up-nya di hari ganjil, sedangkan besoknya tuh kaos mesti dipake lagi. Huh! Beberapa kali karena kami melakukan kesalahan kami disuruh push up di atas aspal panas! Kebetulan lagi baris mau makan siang, nah di tempat baris itu kami harus push-up. Kalo udah denger perintah "Hadap serong kanan, gerak!" kami semua cuma bisa menghela napas karena pasti setelah itu disuruh tiarap untuk persiapan push-up/sit-up, hahaha! Tiap malam ada jaga serambi, 1 jam untuk 2 orang. Karena cewek di angkatan saya cuma ada 10 orang, berat juga jalaninnya, apalagi kalo dapet jadwal jaga jam 1 & 2. Jam nangguuung. Untungnya ga lama ada siswa dari Bulog yang masuk barak kami, jadi bisa ganti-gantian jaga deh sama para ibu-ibu itu :D
Kami di Rindam selama 11 hari, lalu 3 hari sisanya di Gunung Bunder. Kegiatan awal di Gunung Bunder itu long march dari tempat kami turun dari tronton sampai ke Dodiklatpur, sekitar 8 km. Sekitar sepertiganya lewat jalan aspal, sisanya lewat hutan pinus yang jalannya naik turun. Lumayaaaan. Kegiatan di sana itu ada masak buat survival (dikasih beberapa bahan makanan, dan kami tiap kelompok harus olah supaya cukup untuk kelompok itu), PBB, rappling (turun tebing), melewati jembatan tali 2, dan caraka malam.
Di kegiatan caraka malam, atau jurit malam, kami dibagi per kelompok isi 3 orang untuk jadi pembawa pesan. Cewek 1 cowok 2 kalo ada ceweknya. Naah, kata pelatihnya, kalo nemu siapapun di tengah jalan, kita mesti tanya "Pocong?" ke orang atau apapun itu. Kalo jawabannya "Mayat" berarti dia bagian dari kegiatan kita. Naaaaah kami udah diwanti-wanti bakal ketemu pocong :') Pokoknya saya udah ga semangat banget deh ikut kegiatan ini, karena saya paling males kalo ditakut-takutin kayak gitu. Ada 3 jenis pesan berbeda yang disediakan pelatih. Kebetulan kelompok saya dapat pesan ketiga yang kira-kira isinya begini:
Dari: Ketua RT Gunung Bunder
Kepada: Seluruh siswa BTN
Isi Berita (3)
Telah ditemukan sesosok mayat di bawah kawah Gunung Bunder. Agar waspada karena masih banyak mayat lain yang belum ditemukan.
Males banget kaaan pesannya :") Setelah kami hafal, kami pun menuju Pos 1. Saya lupa nama posnya, tapi di sana kami disuruh nyanyi Indonesia Raya, melafalkan Pancasila, dan juga Pembukaan UUD 1945. Yang terakhir itu kami agak kurang hafal sih, sedikit dibantu sama pelatih yang jaga di sana. Kemudian kami menerobos hutan, tanpa senter dan hanya mengandalkan tali rafia yang sudah dibentangkan pelatih sebelumnya sebagai penunjuk jalan. Kemudian sampai di Pos 2, yaitu pos perabaan. Di situ kami sambil gelap-gelapan harus nebak 3 benda yang ada dalam 3 ember. Boleh diraba, dicium, bahkan dijilat. Kemudian kami menuju Pos 3, yaitu pos rayuan. Saya ga ngeh itu pos rayuan, tapi pokoknya dari awal saya udah curiga sama penjaganya. Dia minta kami bocorin pesannya saat itu, tapi kami kompak ga mau. Dia juga nawarin permen kopiko, yang juga kami tolak (dan ternyata permen itu dianggap racun kalo kami terima, haha!). Kami kemudian disuruh pergi ke pos selanjutnya (yang artinya kami lulus pos rayuan :D). Naaah, di perjalanan menuju Pos 4, kami nemu pesan baru nih. Pesannya ditaro di dalam kardus yang dikasih lampu, terus tulisannya warna merah dengan jenis font yang mirip cipratan darah, yang kira-kira bunyinya begini:
JANGAN GANGGU AKU LAGI.
AKU SUDAH TENANG DI SINI.
PESANKU: JADILAH CUCU YANG BAIK.
Makjaang! Terpaksa kami hafalin tuh pesan, siapa tau ditanyain kan nantinya. Naaaah, di tengah jalan, ketua kelompok saya nemu suatu sosok nih. Saya ga berani liat sih, tapi ketua saya itu berani nyamperin, terus tanya "Pocong?". Si sosok ga jawab, lalu si ketua dengan beraninya nowel-nowel tuh sosok! Terus dia bilang, "Ooh, karung". Ternyata itulah cosplay di pocongnya, sodara-sodara! Saya tetep ga mau liat walaupun tau itu cosplay, tapi kata yang lain sih bentuknya emang dibikin mirip pocong. Untungnya gelap dan mata saya minus. Fiuh! Cosplay pocong lewat, kami sampai di Pos 4 yang ternyata adalah pos terakhir. Kelompok kami berhasil menyampaikan pesan dengan selamat! Ternyata sebagian besar kelompok kejebak di pos rayuan, hahaha. Yang kejebak harus buka baju (kecuali cewek lho yaa) dan ga boleh dipake bajunya sampe kembali ke barak, hehehe.
Malam di Gunung Bunder itu dingiiiiin banget, kebalikannya Rindam di Condet. Anginnya kenceng banget, rasanya kayak badan yang basah terus keterpa kipas angin yang speed-nya paling pol terus menerus. Brrr! Besoknya kami kembali ke Rindam Jaya untuk upacara penutupan, lalu kembali ke LPPI.
Yang bikin saya agak kecewa itu kami ga dapet senam komando di sana :(( Pokoknya semua kegiatan selama kesamaptaan ini diikutin aja dengan semangat. Walaupun 2 minggu rasanya kayak 2 tahun, ntar bakal lewat juga kok :D Siap-siap aja muka jadi gosong, hiks hiks. Sunblock ga ngaruh! Muka saya jadi super belang karena sebagian kehalang jilbab sebagian lagi langsung keterpa matahari. Terutama buat yang cewek, semangat yaa mutihinnya lagi :') Ini saya masih dalam tahap perbaikan kulit wajah setelah dirusak selama 2 minggu itu. Sempet down karena shock sama kondisi wajah yang ga keruan, tapi alhamdulillah sekarang udah lumayan :')
Btw, kegiatan setelah ini antara ODP Umum sama yg IT udah mulai beda, tapi ga akan saya ceritain di post ini. Insya Allah kalau ada waktu saya akan sharing lagi tentang kegiatan klasikal.
Thanks for reading! :D
336 x 280

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengalaman Ikut Kesamaptaan (untuk ODP BTN Angkatan 36) di Rindam Jaya, Condet"

  1. Wah makasih banget atas sharingnya Mbak! Saya baca sambil senyum dan semangat hehe
    Ditunggu terus postingan tentang kegiatan ODP Bank BTN nya

    Btw email sudah saya kirim ke Mbak, ditunggu responnya..
    Kalau ada pertanyaan nanti Saya boleh tanya via email ya Mbak thank you :)

    Good luck!

    ReplyDelete

300 X 250
728 X 90